SMK IT Insan Toda

BESCAMP Angkatan IV SMKIT Insan Toda

SMKIT Insan Toda – 9 Agustus 2017 Alhamdulillah kegiatan Bogor Entrepreneur School Camp (BESCAMP) angkatan IV telah selesai dilaksanakan. Agenda tahunan ini dilaksanakan di Bumi Perkemahan Sukamantri “Kujang Rider” tanggal 28-29 Juli 2017 dengan mengusung tema  “Membangun Generasi Pembelajar dan Pejuang Peradaban”. Sebanyak 28 siswa mengikuti kegiatan ini dengan semangat juang pembelajar yang sangat tinggi. Persiapan fisik dan mental siswa pun dikerahkan pihak sekolah dengan mengikuti Malam Bina dan Taqwa sehari sebelum keberangkatan.

Pukul 03.30 WIB siswa memulai aktivitas qiyamulail dan bersiap untuk salat subuh berjamaah. Kemudian setelah sarapan, sebanyak lima kelompok ikhwan dan akhwat berjalan kaki menuju tujuan dengan jarak tempuh kurang lebih 10 km. Para ustad dan ustazah memandu siswa di bagian depan, tengah, dan akhir barisan guna menjaga keselamatan kelompok. Peserta berjalan beruntun membuat barisan kokoh, melewati hiruk pikuk masyarakat sekitar. Di tengah perjalanan rasa lelah dan letih mulai terpancar di raut peserta. Beberapa titik perjalanan diisi dengan istirahat singkat sekadar untuk minum dan meregangkan kaki. Energi peserta mulai bertambah dan kembali melanjutkan perjalanan.

Pukul 11.00 WIB beberapa kelompok sudah sampai di tempat tujuan. Peserta beristirahat sejenak dan merapikan peralatan individu. Setiap ketua kelompok memandu anggotanya untuk mendirikan tenda. Peserta bekerja sama mencari letak tenda yang memadai dan segera mendirikannya. Selanjutnya, pukul 14.00 WIB materi pertama dipandu oleh ustad Ibnu Hibban, S. Pd. I. mengenai pelatihan baris berbaris. Peserta dipandu mulai dari gerakan dasar agar tercipta sikap sempurna dalam baris berbaris. Tujuan kegiatan ini untuk memupuk kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab peserta. Materi berikutnya dipandu oleh ustad Heri Sriyanto, S.Pd. mengenai survival. Materi ini membahas tentang perjuangan untuk bertahan hidup dalam kondisi tertentu. Peserta diajarkan untuk bisa bertahan hidup, memperhatikan keadaan alam dan makhluk hidup di sekitar. Selain itu, peserta diharapkan bisa mengelola keadaan diri sendiri baik secara fisik maupun mental dalam menghadapi persoalan yang muncul saat pelaksanaan BESCAMP.

Pukul 16.00 WIB seluruh peserta mulai memasak untuk memenuhi kebutuhan makan malam. Guyuran hujan tak menghalangi semangat peserta dalam memasak. Panitia menilai aktivitas peserta dengan berbagai kriteria, salah satunya dalam hal memasak. Diharapkan kegiatan ini dapat menumbuhkan tanggung jawab dan kemandirian peserta. Agenda malam diisi dengan kegiatan tilawah Quran diselingi bergantian menjaga tenda untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan, seperti serangan hewan liar, dan lain sebagainya.

Hari kedua, peserta melaksanakan salat subuh berjamaah dilanjutkan dengan kultum oleh perwakilan kelompok. Peserta lain menyimak dengan saksama. Kemudian peserta melakukan senam bersama yang dipandu oleh ustad Ibnu Hibban, S. Pd. I. Suasana alam yang segar menambah energi positif saat seluruh peserta melakukan gerak senam.  Selain itu, kondisi fisik maupun batin peserta kembali bugar dan menjadi lebih bersemangat. Agenda dilanjutkan dengan games menarik di antaranya perang kantong angin, baskom air, paku keseimbangan, serta memasukan paku ke dalam botol. Diharapkan selain menambah keceriaan peserta, kegiatan ini dapat menguatkan karakter peserta khususnya dalam kepedulian terhadap sesama. Menjelang siang, beberapa pemenang mendapatkan hadiah menarik. Seluruh peserta merapikan tenda dan bersiap untuk pulang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.