SMK IT Insan Toda

BESIC 2017 SMKIT Insan Toda

SMKIT Insan Toda – 14 November 2017 Alhamdulillah kegiatan Bogor Entrepreneur School Islamic Competition (BESIC) 2017 telah selesai dilaksanakan. Agenda akbar ini dilaksanakan di SMKIT Insan Toda tanggal 4 November 2017 dengan mengusung tema  “Muda Berkarakter, Masa Depan Gemilang”. Sebanyak 260 peserta mengikuti kegiatan ini dari berbagai sekolah mulai tingkat SMP dan SMA/sederajat se-Bogor Raya. Beberapa lomba pada kegiatan BESIC ini adalah Tahfidz Al-Quran, Da’i Remaja, Nasyid, Marawis, Desain Poster, Kaligrafi, Fotografi,  Merancang Business Plan, dan Ranking 1. Salah satu tujuan diadakannya kegiatan BESIC ini diharapkan dapat memperkuat ukhuwah islamiyah sebagai jalinan silaturahim antar pelajar Se- Bogor Raya.

Registrasi ulang peserta dimulai pada pukul 07.00 WIB. Pembukaan berlangsung dengan doa di panggung utama yang dipandu oleh ustad Ibnu Hibban S.Pd.I. sebagai pembawa acara. Prosesi pembukaan acara BESIC dipandu langsung oleh Bapak Hj. Toto Sudarto sebagai muwaqif sesaat setelah acara sambutan oleh ustad Heri Sriyanto, S.Pd. sebagai Kepala Sekolah. Jajaran panitia BESIC siap siaga melayani kebutuhan para peserta lomba seperti mobilisasi peserta berkaitan dengan tempat lomba. Lomba Marawis dan Nasyid bertempat di panggung utama. Ruang kelas lantai bawah digunakan untuk lomba Da’i Remaja dan Business Plan. Masjid lantai bawah digunakan untuk lomba Ranking 1, Kaligrafi serta Tahfidz Al-quran berada di lantai dua masjid. Sementara bazar makanan dan fashion bertempat di lapangan sekolah.

Lomba dimulai pukul 09.00 WIB. Setiap mata lomba dipandu oleh panitia dan didampingi juri yang kompeten di bidangnya. Para peserta berkompetisi untuk meraih kemenangan, untuk berproses, dan sebagai upaya untuk meningkatkan kualitas diri yang lebih baik. Atmosfer semangat juara peserta sangat terlihat pada masing-masing mata lomba. Suasana gugup, tegang, dan berdebar tak menghalangi peserta untuk menunjukan kemampuan terbaiknya. Beberapa kunci kesuksesan dikerahkan peserta mulai dari niat yang ikhlas, semangat berlatih, dan motivasi pendamping lomba baik guru atau orang tua untuk meraih hasil yang maksimal. Pukul 11.45 WIB berlanjut dengan kegiatan ishoma (istirahat, sholat, dan makan).

Pukul 13.00 WIB peserta kembali berkumpul untuk melanjutkan lomba yang belum selesai. Bazar ramai dikunjungi peserta mulai dari jajanan, busana muslim, dan stand panahan. Menariknya lagi, peserta gratis mencoba memanah dalam setiap pembelian produk bazar senilai Rp 50.000. Selain itu, pembagian door prize oleh pembawa acara dilakukan di panggung utama. Kemeriahan acara BESIC ditambah dengan kehadiran guest star Dodi Hidayatullah selaku solois nasyid. Beliau menggebrak acara dengan suara merdunya dalam empat lantunan lagu islami. Energi peserta, panitia, dan juri kembali bergejolak selama suara khasnya solois berkumandang seantero sekolah. Setelah itu, para panitia merekap hasil penilaian juri untuk menentukan para juara. Setelah salat ashar berjamaah, beralih pada acara pembagian hadiah yang bertempat di panggung utama. Alhamdulillah beberapa pemenang pun dianugerahi beragam hadiah dan ditutup dengan berfoto bersama ketua panitia dan muwaqif. Teruslah berjuang kepada para pemenang.

Leave a Comment

Your email address will not be published.