SMK IT Insan Toda

Kegiatan Mabit Al-Quran 2016 SMKIT Insan Toda

SMKIT Insan Toda – 14 Oktober 2016, sebagai bentuk pendidikan karakter keislaman siswa, pihak sekolah mengadakan kegiatan MABIT (Malam Bina Iman dan Taqwa) yang bertempat di Masjid Insan Toda Bogor. Kegiatan ini mengusung tema “Ceria Bersama Al-Quran” yang bertujuan membina jiwa para siswa agar menjadi pribadi yang tidak hanya cerdas secara intelektual, sehat secara jasmani, tetapi juga memiliki kecerdasan spiritual yang kuat kepada Allah SWT.

Beberapa agenda kegiatan, di antaranya tilawah Al-Quran minimal setengah juz, menghafal surat Al-Khahfi ayat 1 sampai 10, qiyamulail, dzikir dan pembacaan al-matsurat. Kegiatan dimulai dengan shalat maghrib berjamaah, kemudian makan malam bersama. Makanan disajikan di depan kelas X (sepuluh) dan kebersamaan ini diharapkan dapat menambah kekerabatan antara guru dengan siswa. Setelah itu, dilanjutkan dengan shalat isya berjamaah. Acara dibuka oleh ustad Munfarid Fatrianda, S.Pd. selaku pembawa acara dan pembacaan tasmi Al-Quran dari perwakilan siswa. Selanjutnya penyampaian sambutan oleh ustad Heri Sriyanto, S.Pd. selaku Kepala Sekolah. Beliau menyampaikan beberapa hal guna memotivasi siswa dalam kegiatan MABIT tersebut, sekaligus adanya reward bagi siswa yang berhasil menyelesaikan target hafalannya. Acara beralih dengan penyampaian materi oleh ustad Suhendi, M. Pd. I selaku ketua MABIT. Beliau menyampaikan keutamaan surat Al-Khahfi yaitu terhindar dari fitnah Dajjal. Penyampaiannya begitu santai dan mengusir kantuk siswa. Para siswa menyimak dengan antusias dan saksama.

Siswa memulai tilawah Al-Quran pada pukul 20.00 WIB dan diberikan waktu selama 40 menit. Selanjutnya, kegiatan menghafal surat Al-Khahfi ayat 1 sampai 10 dan menyetorkannya bagi yang telah selesai. Siswa dikelompokkan dan dibimbing oleh masing-masing ustad dan ustadzahnya. Mereka berusaha keras untuk mendapat hasil terbaik. Alhamdulillah pukul 22.00 WIB selepas hafalan, semua siswa beristirahat tidur, ikhwan di masjid dan akhwat di dalam kelas. Pukul 03.00 WIB kami bangun, berwudhu dan bersiap untuk agenda qiyamulail. Kegiatan shalat sunah dan subuh dilakukan secara berjamaah serta pembacaan al-matsurat. Kegiatan diakhiri dengan melakukan operasi semut di sekitar halaman sekolah dan berolahraga pagi untuk menyegarkan raga. Acara pun ditutup dengan sarapan pagi bersama. Semoga kegiatan ini dapat menambah kualitas keimanan kita serta rasa kekeluargaan SMKIT Insan Toda.

 

Leave a Comment

Your email address will not be published.