SMK IT Insan Toda

Apa Itu Literasi Finansial?(part2)bag 2

Tabung dan Investasikan

Menyimpan uang adalah salah satu prinsip finansial paling mendasar yang dipelajari orang, namun kebanyakan orang tidak memiliki cukup tabungan untuk membayar keadaan darurat keuangan. Untuk benar-benar menganggap dirimu cerdas secara finansial, strategi ini harus menjadi prioritas.

FLEC merekomendasikan beberapa trik untuk membantu menguasai tabunganmu. Salah satu yang terpenting adalah membayar keperluan diri-sendiri dulu. Dengan begini, mereka bermaksud memasukkan uang ke dalam tabungan sebelum kamu membelanjakannya untuk keperluan lain. Mereka juga merekomendasikan cara memantau tabungan, sehingga kamu tahu berapa banyak yang telah disisihkan untuk keadaan darurat.

Menabung untuk masa depan juga bukan hanya tentang rekening tabungan bank. Ini juga tentang berinvestasi untuk membantu uangmu tumbuh melalui kekuatan bunga majemuk. Investasi mungkin tampak menakutkan pada awalnya, tetapi ini merupakan langkah keuangan yang penting (meskipun FLEC merekomendasikan untuk tidak berinvestasi sampai kamu memiliki setidaknya tiga bulan pengeluaran dalam dana daruratmu).

Jika kamu tidak yakin harus mulai dari mana, pertimbangkan untuk mendiskusikannya dengan penasihat keuangan untuk memandu melalui langkah pertama dan selanjutnya dalam berinvestasi.

Perlindungan

Kamu sudah bekerja keras demi mendapatkan penghasilan, dan hal terakhir yang kamu inginkan adalah kehilangan semuanya. Itulah mengapa FLEC mendidik konsumen tentang pentingnya melindungi kekayaanmu. Salah satu komponen penting untuk melindungi uangmu adalah dengan memiliki asuransi.

Tergantung pada situasi hidup, ada banyak jenis asuransi yang mungkin diperlukan. Berikut adalah beberapa jenis asuransi yang paling umum:

  •       Kesehatan
  •       Mobil
  •       Jiwa
  •       Kepemilikan rumah
  •       Penyewa

FLEC juga menekankan pentingnya mempersenjatai dirimu terhadap penipuan dan mereka yang mencoba menipu dari uang hasil jerih payahmu. Aturan praktis yang paling baik adalah bahwa apa pun yang terdengar terlalu bagus, mungkin ada hal yang salah yang perlu dicurigai. 

Komponen terakhir untuk melindungi uangmu adalah mengawasi kredit. Jika seseorang mencuri identitasmu, itu bisa merugikan riwayat kreditmu. Mengawasi laporan kredit dan rekening bank akan membantu memastikan menangkap pencurian sesegera mungkin.

Anggaran Belanja

Hanya sedikit orang yang sudah menerapkan anggaran belanja. Namun FLEC menemukan penganggaran menjadi salah satu prinsip paling penting untuk sukses dan cerdas secara finansial. Komponen ini adalah salah satu kunci untuk mencapai tujuan jangka pendek dan jangka panjang.

Pertama, menjaga anggaran rumah tangga memastikan kamu hidup sesuai kemampuan. Sangat mudah untuk melihat bagaimana konsumen dapat dengan cepat tertinggal secara finansial jika mereka tidak tahu berapa banyak yang mereka hasilkan atau belanjakan setiap bulan.

Melacak pengeluaran juga membantu memastikan kamu mendapatkan penawaran terbaik dan tidak membiarkan marketing yang cerdik membujukmu untuk berbelanja. Misalnya, katakanlah kamu secara teratur dan secara spontan membeli pakaian dari toko di ujung jalan. Kamu tidak pernah meneliti pembelian sebelumnya atau berbelanja. Sedikit yang kamu tahu bahwa toko lain di kota ini menjual pakaian yang sama dengan setengah harga. Melacak pengeluaran membuatmu menjadi pembelanja yang lebih pintar.

Pinjaman

Tidak mengherankan jika FLEC menyebut pinjaman sebagai salah satu prinsip inti untuk dipahami agar mereka dapat cerdas secara finansial.

Menjadi peminjam yang berpendidikan membutuhkan sedikit usaha, tetapi itu sepadan. Pertama, ketahui riwayat kredit terlebih dahulu dan pastikan kamu memiliki laporan bersih. Sebagian besar dari ini dipenuhi dengan membayar semua tagihan tepat waktu.

Penting juga untuk memahami dasar-dasar bunga. Hampir setiap pinjaman melibatkan pembayaran semacam bunga. Semakin tinggi tingkat bunga, semakin banyak kamu akan membayar di atas pokok pinjaman selama masa pinjaman. Untuk meminimalkan biaya, cari opsi pinjaman atau kredit dengan tingkat persentase tahunan (Annual Percentage Rate – APR) terendah yang ada.

Beberapa bentuk utang memiliki tingkat bunga yang lebih tinggi daripada yang lain. Misalnya, kartu kredit biasanya memiliki tingkat lebih tinggi daripada pinjaman. Namun, kamu dapat menghindari biaya bunga pada kartu kredit dengan melunasi pembelian setiap bulan alih-alih membawa saldo. 

Memahami dasar-dasar pinjaman akan membantumu menjadi konsumen yang lebih tahu dan mengurangi biaya dalam jangka panjang. Pengetahuan ini memungkinkanmu untuk benar-benar memahami biaya meminjam uang di atas jumlah pinjaman yang sebenarnya diambil.

Bagaimana Cara Meningkatkan Literasi Finansial?

Berita baiknya adalah ada banyak sumber daya yang tersedia untuk membantu konsumen mencapai literasi finansial.

Banyak sekali informasi luas di situs web untuk membantumu mendidik diri sendiri tentang konsep keuangan penting. Mereka juga memiliki sumber daya guru untuk membantu anak-anak belajar tentang uang. Terakhir, situs ini menyertakan kalkulator, lembar kerja penganggaran, dan checklist yang dapat kamu gunakan untuk mengatur keuangan.

Bank juga telah mengambil peran dalam mendidik pelanggan mereka dalam hal keuangan pribadi. Dalam banyak kasus, bank lokal dan serikat kredit memiliki hubungan pribadi dengan pelanggan mereka dan dapat menjangkau mereka dengan cara yang mungkin tidak dapat dilakukan oleh lembaga lain.

Tidak ada kekurangan informasi bagi mereka yang mau mencarinya. Internet memiliki banyak sumber untuk pendidikan keuangan dan alat-alat yang dapat membantumu mengelola uang agar lebih efektif. Mengikuti berita keuangan juga merupakan cara yang bagus untuk memahami peran yang dimainkan keuangan pada skala lokal, negara bagian, nasional, dan global.

sumber : blog.pluang.com

Leave a Comment

Your email address will not be published.