SMK IT Insan Toda

Tips Sehat dan Segar di Bulan Puasa Ramadhan

Selama berpuasa, kulit dan bibir rentan terkena masalah kekeringan karena kurangnya cairan. Tidak banyak kurangnya cairan yang seharusnya masuk di dalam tubuh, tetapi juga karena kurangnya asupan makan dan juga bisa disebabkan oleh pola makan ketika sahur dan berbuka yang salah.

Ditambah lagi jika jam tidur Anda kurang, tentu akan memengaruhi kondisi kulit. Jangan sampai pada saat puasa, Anda malas untuk menjaga kulit karena berbagai alasan. Namun, hal ini bisa diatasi dengan mengikuti tips berikut agar kulit tetap cantik dan segar saat berpuasa, mari simak tips berikut:

1. Aturlah Jadwal Tidur dengan Teratur dan Cukup
Mungkin ketika tidak berpuasa, menyepelekan waktu tidur adalah hal yang sering dilakukan. Begadang untuk mengerjakan tugas kuliah atau juga menonton film kesukaan sampai waktu tidur terlewatkan dengan sengaja. Namun, di bulan puasa, cobalah untuk mengatur jadwal tidur yang teratur.

 

Contohnya, jika Anda sering tidur di atas jam sebelas malam, tubuhmu akan mudah capai karena harus bangun sahur. Ditambah lagi harus bangun di pagi harinya untuk melakukan aktifitas seperti biasa. Untuk itu, aturlah waktu tidur sebaik mungkin kalau bisa sebelum jam 11 Anda sudah harus tidur, hal ini agar keesokan harinya tetap kuat dan tidak ngantuk untuk menjalani aktivitas seharian.

2. Perbanyak Makan Buah dan Minum Susu Saat Sahur dan Berbuka

Jangan hanya makanan seperti goreng-gorengan yang Anda konsumsi ketika berbuka puasa atau sahur. Pastikan banyak mengkonsumsi buah-buahan segar guna memenuhi kebutuhan vitamin untuk kulit. Pilihlah buah-buahan yang banyak mengandung air, karena selain dapat memberikan nutrisi untuk kulit, buah yang mengandung banyak air juga akan memberikan cairan lebih yang dibutuhkan tubuh.

Contoh buah yang bisa Anda konsumsi adalah semangka, stroberi, atau tomat. Dengan menjaga asupan buah ketika puasa tentu bisa membuat kulit tetap cantik. Selain itu, usahakan juga untuk selalu minum susu ketika sahur dan waktu berbuka puasa tiba.

Sumber : Republika

Leave a Comment

Your email address will not be published.