SMK IT Insan Toda

“IT’s Camp” Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan SMK IT Insan Toda

Bogor, 20 Juli 2022 – SMK IT Insan Toda kembali menyelenggarakan Masa Orientasi Pendidikan Kepramukaan (MOPK). Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin tahunan yang dilaksaksakan SMK IT Insan Toda yang diikuti oleh seluruh peserta didik SMK IT Insan Toda pada pekan pertama peserta didik kembali ke sekolah. Tahun ini MOPK dilaksanakan 3 hari, yakni Rabu s.d. Jumat pada tanggal 20 s.d. 22 Juli 2022. MOPK diselenggarakan sebagai pemberian latihan dasar kepemimpinan kepada seluruh peserta didik SMK IT Insan Toda.

Pengemasan kegiatan MOPK dilakukan dengan berbagai kegiatan. Terhitung tiga hari dua malam peserta didik mengikuti kegiatan MOPK. Kegiatan MOPK tersebut dilakukan dengan bermalamnya peserta didik di SMK IT Insan Toda pada hari pertama, dilanjutkan di hari kedua pagi hari pemberangkatan menuju tempat pelaksanaan dan bermalam di Bukit Perkemahan Sukamantri sampai kegiatan selesai, kembali ke sekolah dan peserta didik pulang ke rumah masing-masing.

“IT’s Camp” dijadikan sebagai nama dari kegiatan tersebut atau di sebut juga dengan Insan Toda Sqout Camp. Kegiatan IT’s Camp tersebut dimulai dengan pemecahan masalah yang diberikan panitia melalu selembar kertas yang berisi sebuah arahan atau klu yang di tulis dengan macam-macam sandi morse. Setelah klu tersebut berhasil dipecahkan, peserta melanjutkan perjalanan dan mendatangi pos-pos yang sudah disiapkan panitia. Masing-masing pos akan memberikan sebuah kertas kepada tiap kelompok berupa petuntuk untuk sampai di pos selanjutnya dengan menggunakna morse yang berbeda di setiap posnya dan harus dipecahkan untuk bisa sampai di tempat utama kegiatan MOPK dilaksanakan.

Sampai di tempat perkemahan atau tempat utama MOPK tersebut, peserta didik beristirahat sejenak sebelum dilanjutkan dengan pemberian materi pionering, survival, dan navigasi oleh Kak Fauzi Nahdi. Selain materi yang diberikan, peserta juga langdung diajak untuk mempraktikan materi-materi yang telah diberikan salah satunya survival. Setelah materi selesai, peserta didik melanjutkan dengan kegiatan kelompok seperti masak, menyiapkan perlengkapan, tilawah, dan lainnya. Acara dilanjutkan malam hari dengan agenda pensi. Pensi diikuti oleh semua kelompok dengan mingirimkan perwakilan kelompok atau satu kelompok penuh untuk menampilkan sesuatu dan juga yel-yel dari kelompoknya masing-masing di tengah hangatnya api unggun. Acara berjalan dengan riang dan dilanjutkan dengan muhasabah diri, istirahat tidur, dan bertemu kembali di pagi hari dengan agenda kelompok sarapan dan persiapan pulang.

 

SMK IT Insan Toda

Sekolah Islam Terpadu dengan visi “Menjadi Sekolah Unggul yang mencetak Generasi Kreatif, berdaya saing global dan berkarakter Qurani”

smkitinsantodasch.id

Instagram: @smkitinsantoda

Facebook: SMKIT Insan Toda

Youtube: SMKIT Insan Toda

Leave a Comment

Your email address will not be published.